Rabu, 04 Mei 2011

TEMATIS HELM

ARTI LABEL....
Produk helm berjuluk KYT dan INK cukup dinikmati. Terbukti sering kita liat di jalanan atau tempat parkir Gan. Mesti uda terkenal, masih banyak yg belom mengenal apa arti dari merk-merk tersebut. Apakah singkatan?!
Label ato merk KYT dan INK merupakan kependekan dari sesuatu hal, khususnya saat produksen sedang merancang helm. Dari informasi Gunawan Basuki,manager teknik PT Tara Kusuma Indah (TKI) mengatakan "Dulu kami pernah bekerja sama dengan salah satu produksen helm dari Jepang".


Sebagai tanda penghargaan pada 'sumber ilmu' tersebut, Gunawan menambahkan "Kami mendapat ide beri nama KYT,singkatan dari KYOTO. Nama kota di Jepang.
Demikian pula INK. Singkatan yang sebenarnya sudah dibuka rahasianya. "Beberapa grafis menjelaskan INK itu apa. Cari saja tulisan grafis INAKO". jelas pria yg berkacamata ini. Arti INAKO sendiri, "Itu sebuah kerja sama pula, yaitu Indonesia dan Korea Selatan."

Sekarang bbukan Rahasia lagi kan Gan.....?!



RP 277,8/HARI
 Helm produksi lokal makin hari semakin variatif Gan. Mulai dari pilihan harga sampai model....
(bener ga Gan?). Kualitasnya pun bagus seperti nama ane Gan,wkwkwkwkwkwk.....
karena terbukti mengantongi sertifikat SNI, ada pula sekaligus DOT (bukan group band yg digawangi Eza Yayang). Tapi disini DOT kependekan dari Departement of  Tranportation, standart kualitas Amrik Gan. Masa kadaluarsa helm (dengan penggunaan normal dan tanpa modifikasi) untuk beberapa produksen menetapkan 3-5 tahun kedepan.
Makanya, hitungan secara ekonomi, helm lokal bersertifikat SNI yang harganya Rp.175 ribu sampai kisaran Rp. 2 juta itu terbilang murah banget. Jadi, keliru jika dibilang mahal.sebagai contoh : helm seharga Rp.300 ribu itu terbilang mahal.Bahkan untuk penggunaan 1 tahun, masih terbilang murah.

Hitungannya begini. Helm seharga Rp 300 ribuan,dalam masa pemakaian 3 tahun (1.080 hari) sesuai masa kadaluarsa helm. Nilai helm tersebut dalam 1 harinya adalah Rp 300.000 : 1.080 = Rp. 277,8. Jadi, dalam 1 hari kita hanya perlu menghabiskan duit Rp. 277,8 untuk melindungi kepala ketika sedang mengendarai sepeda motor. Jika dihitung dalam pemakaian 1 tahun, Juragan cuma menyisihkan duit Rp.833,3/hari.

Nominal tersebut jika dibandingkan dengan fungsi dan kegunaan helm bukan harga yg mahal. So, sekarang Juragan bisa berhitung berapa norminal yg harus disishkan setiap hari untuk menembus sebuah helm. Jangan pernah ragu Gan!

OUPZ.. JANGAN SEPELEKAN HELM ANAK-ANAK GAN !
Kerap disepelekan, tapi sebenarnya sangat vital. Bayangkan, saat terjadi kecelakaan, si anak pastinya tidak tahu bagaimana melindungi tubuh atau kepalanya saat terjatuh. Selain itu kondisi si anak jelas jauh
dibawah tubuh orang dewasa. Tapi kenapa helm anak-anak kerap disepelekan?
Menurut Bro Andri Hariadi selaku Public Relatioon & Community Development PT Tara Kusuma Indah (TKI) Produksen helm KYT,INK dan MDS, hal ini terjadi karena masih rendahnya kesadaran masyarakat. "Kebanyakan masih berpikir,anak-anak tidak harus memakai helm sudah aman.Asal pakai helm uda cukup". Padahal menurut Bro Andri, ketika terjadi kecelakaan, resiko yg ditanggung orang dewasa dan anak-anak sama saja.Bahkan lebih beresiko anak-anak. Untuk itu,perlu diingat bahwa helm untuk anak-anak harus memiliki kualitas yang sama dengan orang dewasa. Ambil contoh untuk ukuran. Juga harus pas. Tidak boleh terlalu longgar atau ketat. Percumakan pakai helm  kalau ketika terjatuh helm terlepas.
Karena itulah Bro Andri menekankan pentingnya ukuran helm untuk anak. "Karena alasan itu, kami memproduksi helm anak berdasarkan usia. Bahkan ukuran S, M atau L." imbuh Bro Andri. Lebih lanjut Bro Andri mengatakan helm untuk anak yg diproduksi PT. TKI memiliki ukuran dengan rentag usia 2-4 tahun, 4-6 tahun dan 8-10 tahun. "Harapan kami akan lebih presisi  dengan ukuran kepala si anak."
Karena itu harga helm untuk anak itu kurang lebih sama dengan helm  dewasa. Untuk kisaran harga helm anak Rp.120-150 ribu. Yang menjadi pembeda adalah motifnya. Helm anak-anak harus menarik.m KArena itu biasanya yg dipakai adalah motif tokoh kartun.
Sayang anak? Jangan sepelekan helmnya....

3 komentar:

  1. (y) sippp gan..
    Mkasihh atas pncerahnny..

    BalasHapus
  2. Hoi.... Harusnya komentarnya BUKAN AGEN JUDI !! Tapi AGEN HELM !!

    BalasHapus
  3. Keren 2 helmnya KYT, INK & MDS.

    BalasHapus